Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP BDR Kelas 6 SD 10 Agustus 2021

RPP BDR Kelas 6 SD 10 Agustus 2021

RPP BDR Kelas 6 SD 10 Agustus 2021 - Berikut ini merupakan RPP BDR Kelas 6 SD Tanggal 10 Agustus 2021. Pada pembelajaran kali ini siswa akan diberikan tugas mengidentifikasi ciri-ciri hewan tersebut beserta habitat tempat tinggalnya; menuliskan tiga contoh wujud persatuan di lingkungan keluarga, memberikan contoh penerapan nilai persatuan dan kesatuan di sekolah; tiga contoh penerapan nilai persatuan di lingkungan masyarakat; dan upaya pelajar untuk menjaga semangat persatuan di tengah perbedaan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas : VI (Enam)
Tema : 2. Persatuan dalam Perbedaan
Sub Tema : 1 (Rukun dalam Perbedaan)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit

Kompetensi Dasar

IPA
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya sebagai hasil penelusuran berbagai sumber

PPKn
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya

Materi
IPA : Ciri-Ciri Khusus Hewan dan Habitatnya
PPKn : 
Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Seharihari

Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri khusus pada hewan dan habitatnya; Menerapkan nilia-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan 1

Assalamualaikum wr.wb., Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat. Jangan lupa, meskipun kita belum bisa belajar di sekolah, Ananda harus tetap bersemangat ya.

Hari ini, kita akan membahas materi IPA tentang ciri-ciri khusus hewan dan habitatnya. Setiap hewan memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Keunikan yang dimiliki hewan tersebut, kita kenal dengan istilah ciri khusus. Ciri khusus pada hewan, berkaitan erat dengan lingkungan hidupnya atau habitatnya.

Bagaimana ciri khusus hewan berkaitan dengan habitatnya? Untuk lebih memahami tentang materi ini, silahkan ananda simak penjelasannya pada materi berikut :


Setelah menyimak video di atas, Ananda tentunya sudah lebih memahami ciri-ciri khusus hewan dan habitat hewan-hewan tersebut.

Selanjutnya, sebagai evaluasi kerjakan latihan soal yang berada pada bagian akhir tayangan video tersebut.

Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Tugas:
Amatilah lingkungan di sekitarmu. Pasti kalian akan menemukan berbagai ragam jenis hewan.
Cobalah untuk mengidentifikasi ciri-ciri hewan tersebut beserta habitat tempat tinggalnya.
Setelah selesai, laporkan hasil pengamatanmu dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini!

Kegiatan 2

Anak-anak hebat, Penerapan nilai persatuan dan kesatuan merupakan suatu keharusan yang harus tetap dipupuk dan dipelihara baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam ruang lingkup kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Melalui penerapan nilai persatuan dan kesatuan, akan menciptakan suatu tatanan kehidupan yang rukun, damai, dan sejahtera.

Kita harus selalu menjunjung nilai persatuan dan kesatuan di manapun kita berada dengan menerapkan prilaku saling menghormati dan menghargai antar sesama.

Nilai-nilai persatuan dan kesatuan apa saja yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari?, agar lebih faham tentang makna persatuan dan kesatuan tersebut, silahkan Ananda simak tayangan pada link video berikut!


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut?

Ternyata banyak sekali hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita
terhadap hewan dan tumbuhan ya?

Nah, selanjutnya tugas Ananda sekarang adalah mengerjakan soal tugas yang ada pada bagian akhir video di atas. Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya.

Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.

Tugas 2
  1. Tuliskan tiga contoh wujud persatuan di lingkungan keluarga?
  2. Apa saja contoh penerapan nilai persatuan dan kesatuan di sekolah?
  3. Tuliskan tiga contoh penerapan nilai persatuan di lingkungan masyarakat?
  4. Sebagai pelajar apa upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga semangat persatuan di tengah perbedaan yang ada?
Pembahasan:
Tiga contoh wujud persatuan di lingkungan keluarga:
(1) Gotong royong menjaga kebersihan, keamanan, dan keindahan lingkungan rumah
(2) Membantu adik mengerjakan PR
(3) Saling menghormati antar anggota keluarga
(4) Berbagi tugas dengan anggota keluarga

Contoh penerapan nilai persatuan dan kesatuan di sekolah
(1) Membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran
(2) Melakukan piket kelas bersama-sama
(3) Bermain bersama teman pada jam istirahat tanpa membeda-bedakan suku bangsa maupun agama
(4) Mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati antar teman
(5) Mengikuti upacara bendera dengan tertib
(6) Menghargai pendapat teman saat diskusi kelas
(7) Mengumpulkan sumbangan untuk teman yang terkena musibah

Contoh penerapan nilai persatuan di lingkungan masyarakat
(1) Saling membantu dari masyarakat yang sudah sejahtera kepada masyarakat yang belum sejahtera
(2) Mempersilahkan orang lain untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing
(3) Membantu tetangga yang kesusahan meskipun berbeda suku atau agama

Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga semangat persatuan di tengah perbedaan yang ada
Menerapkan hidup rukun, saling menghargai dan menghormati teman yang berbeda agama, ras, suku bangsa, dan kebudayaan.

Penutup

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, hari Kamis besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu Muatan Pelajaran Matematika, materi Operasi Hiting Campuran Bilangan Cacah .

Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:



Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Salam!!!.

Putra-Astawa
Putra-Astawa I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali

Post a Comment for "RPP BDR Kelas 6 SD 10 Agustus 2021"