Panduan Penulisan Soal SMP 2017
Dalam rangka menyambut ujian nasional jenjang SMP tahun 2018 nanti, PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN mengeluarkan Panduan Penulisan Soal SMP 2017.
Panduan ini diharapkan bisa membantu guru dalam membuat soal UN dengan kualitas yang baik. Buku panduan ini secara lengkap mengulas mengenai tahapan penulisan soal (penyusunan kisi-kisi, penulisan soal, review dan revisi, perakitan soal, analisis kuantitatif dan seleksi soal).
Penyusunan Kisi-Kisi
Penyusunan Kisi-Kisi
Pengertian kisi-kisi
Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat
dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan
tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus
dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu
kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman
dan cakupan materi yang ditanyakan.
Panduan ini juga dilengkapi dengan tabel berikut disajikan dimensi proses kognitif dan kata kerja operasional yang dapat digunakan untuk merumuskan indikator berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi. Dimensi proses kognitif ini dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu:
Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2),
Level 2: mengaplikasikan (C3),
Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)
Panduan ini juga dilengkapi dengan tabel berikut disajikan dimensi proses kognitif dan kata kerja operasional yang dapat digunakan untuk merumuskan indikator berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi. Dimensi proses kognitif ini dikelompokkan ke dalam tiga level kognitif, yaitu:
Level 1: mengingat (C1) dan memahami (C2),
Level 2: mengaplikasikan (C3),
Level 3: menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)
Penulisan Soal
Tes tertulis merupakan kumpulan soal-soal yang diberikan kepada peserta didik dalam
bentuk tulisan. Dalam menjawab soal, peserta didik tidak selalu harus merespon dalam
bentuk tulisan, tetapi juga dapat dilakukan dalam bentuk lain, seperti memberi tanda,
mewarnai, menggambar.
Soal-soal pada tes tertulis dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu soal dengan
memilih jawaban yang sudah disediakan (bentuk soal pilihan ganda, benar-salah,
menjodohkan) dan soal dengan memberikan jawaban secara tertulis (bentuk soal isian,
jawaban singkat, dan uraian).
Dalam penyusunan soal tes tertulis, penulis soal harus memperhatikan kaidah-kaidah
penulisan soal dari segi materi, konstruksi, dan bahasa.
Penulisan soal dalam panduan ini meliputi
Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda, Teknik Penulisan Soal Uraian dan Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi
(higher order thinking skill atau HOTS)
Berikut merupakan Panduan Penulisan Soal SMP 2017.
Download Panduan Penulisan Soal SMP 2017
Berikut merupakan Panduan Penulisan Soal SMP 2017.
Download Panduan Penulisan Soal SMP 2017