Panduan Teknik Penyajian Modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)
Proses pembelajaran yang berpusat kepada pendidik (teacher centered), di mana pendidik menganggap dirinya sebagai gudang ilmu pengetahuan (store of knowledge) sudah menjadi kamus kuno. Baden Powell telah mengalihkan proses pembelajaran menjadi proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (ask the boys – students centered). Dengan demikian pendidik berperan sebagai fasilitator bukan dominator.
Panduan ini dibuat agar penyelenggaraan kursus dapat dilakukan dengan memberi pengayaan pada metode penyampaian materi kursus, dan tidak terbatas pada metode ceramah. Pada akhir kursus, diharapkan peserta kursus memiliki wawasan kepramukaan yang lebih luas, serta keterampilan yang memadai untuk membina gugusdepan. Panduan teknis penyajian modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) disusun dalam rangka standarisasi pola penyajian modul KMD, dengan harapan dapat menjadi panduan dasar bagi Pelatih Pembina Pramuka. Adapun pengembangan selanjutnya diserahkan kepada pelatih yang bersangkutan.
B. Tujuan dan Sasaran KMD
1. Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi
bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka.
2. Sasaran Setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, peserta mampu :
C. Metode1. Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi
bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka.
2. Sasaran Setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, peserta mampu :
- Memahami, menghayati dan melaksanakan AD dan ART Gerakan Pramuka.
- Menjelaskan tentang Kepramukaan serta perkembangannya.
- Menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
- Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.
- Menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
- Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya dan mengelola satuannya.
Materi KMD disajikan dengan pendekatan andragogi, berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara langsung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode, di antaranya :
- Dinamika kelompok
- Diskusi kelompok
- Curah gagasan
- Metta Plan (Country Fair)
- Studi kasus
- Kerja kelompok
- Demonstrasi
- Bermain peran
- Presentasi
- Bola salju (snow balling)
- Debat
- Fish Bowl
- Class students have
- Simulasi
- Base Mathod
- Berbagai kegiatan praktek (kesiagaan, kepenggalangan, kepenegakan, kepandegaan, scouting skill, dan permainan).
- Open Forum
- Rencana Tindak lanjut/RTL (Action Plan).
Pendekatan yang digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran adalah andragogi yaitu strategi pembelajaran yang dilakukan dengan cara “Do-Look-Learn”. Untuk itu diperlukan petunjuk pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan materi berupa persiapan pembelajaran oleh pelatih (format terlampir) dan petunjuk pembelajaran bagi peserta kursus (format terlampir).
Pada akhir pertemuan sesi, pelatih mengadakan sharring dengan tujuan mengadakan pembulatan/pencerahan berupa kesimpulan.
E. Strategi Pembelajaran
1. Strategi pembelajaran dilaksanakan dengan tata urut sebagai berikut:
perkemahan 2/3 alokasi waktu atau 2,5 hari di kelas – 4,5 hari di perkemahan.
F. Pendukung Proses Belajar Mengajar dengan Pendekatan Andragogi1. Strategi pembelajaran dilaksanakan dengan tata urut sebagai berikut:
- Menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian yang ada.
- Memberikan petunjuk pembelajaran.
- Sharing atas temuan-temuan yang ada.
- Pembulatan/pencerahan/kesimpulan.
- Pengantar dan penjelasan materi untuk pemahaman konsep (ceramah) : 20 %;
- Kegiatan praktek/simulasi/demonstrasi/ kerja kelompok atau mandiri : 70 %;
- Pembulatan/pencerahan/kesimpulan :10%;
- Satu jam pelajaran = 45 menit
perkemahan 2/3 alokasi waktu atau 2,5 hari di kelas – 4,5 hari di perkemahan.
1. Sarana Prasarana:
- Lokasi kursus yang nyaman dan aman (terhindar dari gangguan)
- Ruang belajar yang sehat.
- Alat bantu pembelajaran yang memadai (kuantitas dan kualitas).
- Alat musik yang dapat digunakan untuk memperdengarkan lagu yang membangkitkan semangat belajar
- Tersedianya alam terbuka untuk kegiatan outdoor.
2. Tim pelatih dan panitia berada di tempat kegiatan selama kursus berlangsung.
3. Bahan serahan.
- Rencana Tindak Lanjut (RTL) disusun oleh peserta pada tahapan terakhir pelaksanaan kursus sebagai motivasi diri untuk melakukan kegiatan tindak lanjut setelah mengikuti pelatihan.
- RTL juga berfungsi sebagai acuan peserta dalam masa pengembangan/narakarya 1, yang nantinya digunakan sebagai persyaratan untuk mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML).
Dengan disusunnya panduan ini diharapkan Pelatih dapat memiliki pola penyajian modul KMD dan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.
KURIKULUM KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR
Materi
|
Waktu
|
I.
BABAK
PENGANTAR
Modul
1:
1.1. Upacara Pembukaan Kursus
.......................................................
1.2. Orientasi Kursus
........................................................................
1.3. Tes Awal
.....................................................................................
1.4. Dinamika Kelompok Pengembangan Sasaran Kursus ...............
|
5
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
2
jampel
|
II. BABAK
INTI
Modul
2: KEPRAMUKAAN,
ANGGARAN
DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA.
2.1. Kepramukaan, Sejarah dan Pendidikan .....................................
2.2. UU
No.12/2010, AD dan ART
Gerakan Pramuka. ...................
2.3. Prinsip
Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan .........
2.4.
Kode Kehormatan, Kiasan Dasar dan Motto ............................
|
7
jampel
2
jampel
2
jampel
2
jampel
1
jampel
|
Modul
3: PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1.
Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik)..................................
3.2.
Prodik Pramuka Siaga ...............................................................
3.3.
Prodik Pramuka Penggalang ......................................................
3.4.
Prodik Pramuka Penegak dan Pandega......................................
3.5.
Memahami Peserta Didik dan Kebutuhannya............................
3.6. Menciptakan Kegiatan yang
Menarik, Menantang dan Mengandung Pendidikan .........................................................
|
7
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
2
jampel
|
Modul
4: CARA
MEMBINA DENGAN SISTEM AMONG
4.1. Cara
Membina
dan
Sistem Among ..........................................
4
2. Peran, Tugas dan Tanggungjawab Pembina Pramuka ............
4.3.
Komunikasi
dan Bergaul dengan Peserta didik ......................
4.4. Mengelola
Satuan Pramuka .....................................................
|
4
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
|
Modul
5: ORGANISASI ..................................................................
5.1. Struktur
Organisasi dan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka
5.2.
Satuan Karya Pramuka .............................................................
5.2. Organisasi
dan Administrasi Gugus Depan ..............................
5.3.
Dewan
Satuan dan Forum S,G,T,D ...........................................
|
4
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
1
Jampel
|
Modul
6: SKU/SKK/TKK, SPG/TPG dan
ALAT PENDIDIKAN
6.1. SKU/TKU,
SKK/TKK, SPG/TPG ...........................................
6.2.
Cara menguji SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG ....................
6.3.
Upacara sebagai Alat Pendidikan ..........................................
|
3
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
|
Modul 7: KEGIATAN DI ALAM
TERBUKA (OUTDOOR ACTIVITY)
7.1.
Keterampilan
Kepramukaan ....................................................
7.2.
Keterampilan Kepramukaan Pramuka Siaga ..........................
7.3.
Keterampilan
Kepramukaan Pramuka Penggalang .................
7.4.
Keterampilan Kepramukaan Pramuka Penegak dan Pandega
7.5. Penjelajahan
..............................................................................
|
31
jampel
3
jampel
7
jampel
7
Jampel
7
jampel
7
jampel
|
III. BABAK
PELENGKAP
Modul
8 : PELENGKAP
8.1. Lambang
Gerakan Pramuka,WOSM, NKRI, Lagu Kebangsaan, Bendera, dan Pakaian seragam
Pilihan:
8.2.
Perlindungan Anak
8.3. Kewiraan
8.4.
Kewirausahaan
8.5. Muatan
lokal
8.6. Muatan
Nasional : Global Warming
8.7. Jam
Pimpinan
|
4
Jampel
|
IV. BABAK
PENUTUP
Modul
9 : PENUTUP
9.1. Api Unggun
..................................................................................
9.2. Forum
Terbuka ............................................................................
9.3. Rencana
Tindak Lanjut (RTL) .....................................................
9.4. Tes akhir dan
evaluasi ................................................................
9.5. Upacara
Penutupan Kursus .........................................................
|
7
jampel
2
jampel
2
jampel
1
jampel
1
jampel
1
jampel
|
Jumlah Jam Pelajaran (Jampel)
1
Jampel = 45 menit
|
72 Jampel
|
Post a Comment for "Panduan Teknik Penyajian Modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)"