Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2
Berikut ini merupakan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2. Buku yang digunakan adalah Buku Tematik Kelas 6 Tema Tokoh dan Penemuan Revisi Tahun 2018.
Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 11 dan 12
AYO MENGAMATI
Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?
Benda yang menggunakan listrik di kamar Edo meliputi: kipas angin, lampu, dan tape
Apa manfaat listrik untuk Edo?
Listrik bermanfaat sebagai sumber penerangan (menyalakan lampu), listrik bermanfaat sebagai hiburan (menyalakan tape), dan listrik bermanfaat memberi kenyamanan saat panas (menghidupkan kipas angin)
Sekarang, amatilah sekitarmu! Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu
temukan!
Manfaat listrik sebagai penerangan di kelas, menyalakan kipas angin yang ada di kelas, sumber energi bagi laptop, sumber energi bagi LCD proyektor, untuk menghidupkan TV di kelas, dan sumber tenaga untuk pengeras suara.
Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman. Apakah manfaat listrik yang
kalian rasakan sama? Mengapa?
Manfaat listrik yang kami rasakan sama, karena kami sangat bergantu dengan keberadaan listrik.
Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu?
Saat mengalami pamadaman listrik, aktivitas kami menjadi terganggu. Apalagi pemadaman terjadi di malam hari. Tentu akan susah untuk belajar karena tidak ada penerangan di rumah.
Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 12 dan 13
AYO BERDISKUSI
Perhatikan gambar-gambar berikut! Apakah gambar-gambar berikut menunjukkan seseorang yang telah mendapatkan haknya? Diskusikan dengan temanmu!
Pada gambar sebelah kiri tampak anak tersebut sudah medapatkan haknya memperoleh pendidikan. Dalam gambar tampak anak tersebut sedang belajar dengan ceria di kelas.
Untuk gambar sebelah kanan, anak tersbeut sudah mendapatkan haknya untuk menyampaikan pendapat. Pada gambar anak tersebut sedang menyampaikan pendapat yang di dengarkan dengan baik oleh orangtuanya.
Pada gambar sebelah kiri, tampak anak belum mendapat hak untuk memperoleh hidup yang aman. Pada gambar tampak anak tersebut diganggu dengan cara diejek oleh teman-temannya, sehinga dia merasa tidak aman.
Pada gambar sebelah kanan, tampak anak tersebut belum memperoleh hak untuk memperoleh kasih sayang. Pada gambar, tampak dia ingin menanyakan sesuatu kepada orangtuanya, namun tidak diperhatikan oleh kedua orangtuanya. Orangtuanya sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing.Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!
Hak di Rumah | Hak di Sekolah | Hak di Tengah Masyarakat |
---|---|---|
Memperoleh kasih sayang | Memperoleh pengetahuan | Memperoleh lingkungan yang bersih |
Mendapatkan makanan sehat | Memeperoleh rasa aman di sekolah | Memperoleh rasa aman di masyarakat |
Menggunakan fasilitas sekolah | Mendapat tempat tinggal yang layak | Bebas beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan |
Mendapat perawatan saat sakit | Mendapat perlakuan yang adil | Berpendapat di masyarakat |
Apa yang dimaksud dengan hak?
Hak adalah segala sesuatu yang harus kita milikiApa saja yang memengaruhi hak kita?
Ketika di Rumah | Ketika di Sekolah | Ketika di Masyarakat |
---|---|---|
Prilaku di rumah | Prilaku di sekolah | Prilaku di msyarakat |
Peraturan yang ada di rumah | Peraturan yang ada di sekolah | Peraturan yang ada di masyarakat |
Kewajiban di rumah | Kewajiban di sekolah | Kewajiban di masyarakat |