Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1

Berikut ini merupakan kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1. Kunci jawaban ini dibuat dengan menggunakan Buku Tematik Kelas 6 Tema 3 Revisi 2018.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1



AYO MEMBACA

Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk menyambungkan dua ataupun lebih komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Bila dilihat dari cara penyusunannya, rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri pada lampu senter adalah baterai, karena hanya terdapat satu lampu pada senter. Hal tersebut yang menyebabkan lampu senter menyala sangat terang namun baterainya cepat habis. Rangkaian seri dan paralel juga bisa ditemui pada lampulampu di rumah.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.


Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 3


Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan paragraf pada teks tersebut!

Paragraf 1:
Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?
Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik

Paragraf 2:
Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
Listrik merupakan gelombang elektromagnetik yang terbentuk dari perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi secara terus menerus

Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!
Urutan perjalanan arus listrik: (1) Arus listrik yang dihasilkan oleh generator raksasa di pembangkit listrik, (2) Arus listrik disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi, (3) Arus listrik kemudian dibawa ke gardu-gardu penerima, (4) Dari gardu penerima, arus listrik disalurkan ke rumah-rumah penduduk.
Paragraf 3:
Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!
Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.
Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
Arus listrik yang tiba di rumah warga biasanya dipergunakan untuk menyalakan lampu dan menghidupkan alat-alat rumah tangga yang memerlukan listrik sebagai energinya seperti TV, kulkas, kipas anging, komputer, dll.
Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

Perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel adalah pada rangkaian listrik seri, lampu disusun secara bersambung atau sejajar, sedangkan pada rangkaian paralel, lampu disusun secara berderet
Paragraf 4:
Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

Kesimpulan dari paragraf ke empat adalah rangkaian seri dan paralel bisa kita temui pada lampu-lampu yang ada di rumah.
Paragraf 5:
Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!
Kita harus bijaksana dalam menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 4


AYO BERDISKUSI

Nama-nama bagian komponen senter beserta fungsinya.


No Nama Komponen Fungsi Komponen
1 Baterai Sebagai sumber energi (penghasil listrik)
2 Lampu/LED Sebagai sumber cahaya
3 Lempengan terminal baterai Untuk menghubungkan baterai dengan lampu dan sakelar
4 Sakelar Untuk memutus dan menyambung aliran listrik

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 5


Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti!

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala? 
Untuk membuat lampu menyala, lempengan logam harus menghubungkan baterai dengan lampu
2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah? 
Komponen yang bisa digunakan pengganti lempengan adalah kabel listrik
Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan!
Arus listrik yang dihasilkan oleh baterai mengalir melalui lempengan logam menuju ke bola lampu. Arus listrik tersebut menyalakan bola lampu.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 6



Nah, sekarang kamu akan mencoba membuat rangkaian listrik sederhana seperti pada senter. Tentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat 1 rangkaian sederhana! Tuliskan pada tabel berikut!


Bahan/ Alat Nama Bahan/ Alat Fungsi Jumlah
Bahan Kabel Mengalirkan arus listrik 1 meter
Baterai Sumber energi listrik 2 buah
Bola lampu Sumber cahaya 1 buah
Alat Gunting Memotong kabel 1 buah
Selotif Menyambung kabel 1 buah

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 7


AYO MENGAMATI


Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?


Sebelum Ada Listrik Setelah Ada Listrik
Malam sangat gelap karena tidak ada lampu penerangan jalan Malam menjadi terang karena ada lampu penerangan jalan
Tida ada alat-alat eletronik yang mempermudah pekerjaan manusia Ada alat-alat elektronik yang mempermudah pekerjaan manusia
Jumlah hiburan yang sedikit Banyak ada hiburan seperti TV, Radio, Lapotop, dll

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 8


Pengaruh Listrik terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkunganku.

Sebelum Ada Listrik Setelah Ada Listrik
Setrika arang Setrika listrik
Ulekan Blender
Obor Senter
Kompor minyak tanah Kompor listrik
Lampu minyak Lampu listrik

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 9


KERJASAMA DENGAN ORANGTUA

Bersama orang tuamu, amati beragam benda elektronik di rumah yang  menggunakan energi listrik berikut manfaat benda tersebut. 

NO Nama Benda Elektronik Manfaat Benda
1 Kulkas Untuk mendinginkan makanan
2 Dispenser Untuk memanaskan dan mendinginkan air
3 Kompor listrik Untuk memasak
4 Setrika listrik Untuk menyetrika
5 Blender Untuk mennghaluskan
Putra-Astawa
Putra-Astawa I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali