Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Peraturan Terbaru Yang Wajib Guru dan Tenaga Kependidikan Ketahui

5 Peraturan Terbaru Yang Wajib Guru dan Tenaga Kependidikan Ketahui - Sebagai seorang guru atau tenaga kependidikan kita wajib melakukan sesuatu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Hal ini bertujuan agar apa yang kita lakukan tidak melanggar hukum. Dalam kesempatan ini, kita akan membahas Peraturan perundang-undangan terbaru yang wajib guru dan tenaga kependidikan ketahui.

Peraturan Terbaru Yang Wajib Guru dan Tenaga Kependidikan Ketahui


PP Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas PP Nomor 74 Tahun 2008


Peraturan pertama yang harus guru dan tenaga kependidikan ketahui adalah PP Nomor 19 Tahun 2017. PP ini merupakan perubahan atas PP Nomor 74 Tahun 2008 yang membahas tentang guru. Dalam PP Nomor 19 Tahun 2017 dibahas tentang pemberian tunjangan sertifikasi bagi guru yang telah memenuhi syarat.

Download PP Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas PP Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.


Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018



Peraturan terbaru kedua yang harus guru dan tenaga kependidikan ketahui adalah Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Dalam Permendikbud ini dibahas tentang rincian tugas guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

Download Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Download Lampiran I Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Download Lampiran II Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Download Lampiran III Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.


Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017


Peraturan yang ketiga adalah Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Dalam proses mendidik siswa di sekolah, tak jarang guru dan tenaga kependidikan mendapat ancaman. Anacaman tersebut bisa datang dari siswa, orang tua siswa, masyarakat ataupun dari orang yang memiliki kedudukan. Dengan adanya Peraturan ini, guru bisa merasa lebih aman dalam menjalankan tugasnya.

Download Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Bagi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan.


Permendikbud Nomor 6 tahun 2018


Peraturan keempat yang wajib guru dan tenaga kependidikan ketahui adalah Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Dalam peraturan ini dibahas tentang Persyaratan Bakal Calon Kepala Sekolah, Penyiapan Calon Kepala Sekolah Pada Satuan Pendidikan Yang Diselenggarakan Pemerintah Daerah, Proses Pengangkatan kepala sekolah, Penugasan Kepala Sekolah, Tugas Pokok Kepala Sekolah, PKB Kepala Sekolah, dan Pemberhentian Kepala Sekolah.

Download Permendikbu Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.


Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018


Peraturan terakhir yang wajib guru dan tenaga kependidikan ketahui adalah peraturan yang dikeluarakan oleh Sekretaris Jenderal Kemendibud Nomor 10 Tahun 2018 Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah. Selain itu, Dalam peraturan tersebut juga dimuat tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Dan Tunjangan Khusus Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil.


Download Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 10 Tahun 2018 Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Dan Tunjangan Khusus Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil.



Putra-Astawa
Putra-Astawa I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali