Panduan Pembelajaran HOTS Tahun 2018
Panduan Pembelajaran HOTS Tahun 2018 - Salah satu pengembangan kurikulum 2013 di tahun 2018 adalah pembelajaran Higher Other Thingking Skill (HOTS). Pembelajaran jenis ini diharapkan mampu membentuk siswa agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Berikut ini merupakan Panduan Pembelajaran HOTS Tahun 2018. Panduan ini bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran HOTS di sekolah. Isi dari panduan ini meliputi:
KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
KONSEPTUAL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)
PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
STRATEGI MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DESAIN PEMBELAJARAN
A. PRINSIP PEMBELAJARAN
B. MEMAHAMI BENTUK PERTANYAAN
C. CONTOH PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK BERTANYA
D. LANGKAH DESAIN PEMBELAJARAN
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
BUKU PEGANGAN PEMBELAJARAN HOTS 2018
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Berikut ini merupakan Panduan Pembelajaran HOTS Tahun 2018. Panduan ini bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran HOTS di sekolah. Isi dari panduan ini meliputi:
KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
KONSEPTUAL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)
- Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
- Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)
- Amanat Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik
PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
- Model Discovery/Inquiry Learning
- Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL)
- Model Pembelajaran Project-Based Learning
STRATEGI MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DESAIN PEMBELAJARAN
A. PRINSIP PEMBELAJARAN
B. MEMAHAMI BENTUK PERTANYAAN
C. CONTOH PEMBELAJARAN DENGAN TEHNIK BERTANYA
D. LANGKAH DESAIN PEMBELAJARAN
- Contoh Jenjang SD
- Contoh Jenjang SMP
- Contoh Jenjang SMA
- Contoh Jenjang SMK
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
- Penilaian sikap
- Penilaian pengetahuan
- Penilaian keterampilan
BUKU PEGANGAN PEMBELAJARAN HOTS 2018