Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Matematika Dengan Pembelajaran HOTS

Contoh RPP Matematika Dengan Pembelajaran HOTS - Menyongsong pembelajaran abad ke 21, sebagai guru kita harus mampu mendidik siswa kita agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Kedepannya, pelaksanaan ujian nasional akan mengujikan soal-soal yang menuntut siswa untuk menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Contoh RPP Matematika Dengan Pembelajaran HOTS


Untuk menciptakan siswa yang mampu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, sebagai guru kita harus mampu merancang pembelajaran HOTS. Dalam kesempatan ini, saya akan membagikan sebuah contoh RPP yang telah menerapkan pembelajaran HOTS.

Baca : Panduan Pembelajaran HOTS di Sekolah Dasar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )

Satuan Pendidikan : SDN 3 Taro
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V/2
Materi Pokok : Pengumpulan dan Penyajian Data
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 35 menit)

A. Kompetensi Inti (KI)

  • KI-1:Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  • KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
  • KI-3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
  • KI-4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Pegetahuan
3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
IPK Kunci
3.7.3. Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar
3.7.4. Menjelaskan cara pengumpulan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar
Kompetensi Keterampilan
4.7 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
IPK Kunci
4.7.1 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar
4.7.2 Menganalisis cara pengumpulan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran inquiry learning terbimbing peserta didik dapat mengumpulkan data berkaitan dengan diri peserta didik melalui literasi media, kerjasama, kreatif, berfikir kritis, serta penuh rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Nilai karakter yang dikembangkan : kerjasama, percaya diri, dan teliti.

D. Materi Pembelajaran
Pengumpulan dan Penyajian data

E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Inquiry Learning terbimbing
Metode : Diskusi, Presentasi, Tanya jawab

F. Media Pembelajaran
Media: Bahan tayang PPT
Alat/bahan:
1. Amplop
2. Pena
3. Kertas
4. Double tip

G. Sumber belajar
1. Buku Guru K13
2. Buku Siswa K13
3. Bahan ajar yang dibuat guru
4. Buku referensi yang relevan
5. Internet

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
A. Kegiatan Pendahuluan (Orientasi)
Persiapan

  • Peserta didik menjawab salam yang diberikan guru
  • Peserta didik yang bertugas pada hari itu memimpin doa (peserta didik mendapat tugas bergantian untuk memimpin doa, sehingga semua anak pernah mendapat giliran)
  • Peserta menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
  • Melakukan tepuk PPK bersama-sama
  • Kehadiran peserta didik di cek oleh guru
  • Membaca 15 menit (literasi)
Apersepsi

  • Peserta didik menerima penjelasan siswa tentang tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang data dan cara pengumpulannya.
  • Peserta didik diberi tahu bahwa salah seorang teman mereka sedang berulang tahun
  • Peserta didik menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun
  • Peserta didik mengamati gambar kue ulang tahun yang ditampilkan guru
Motivasi

  • Peserta didik diberikan motivasi bahwa ulang tahun tidak harus dirayakan dengan mewah dan menuntut hadiah dari orang tua, tetapi dengan bertambahnya umur diharapkan anak mampu lebih berprestasi


B. Kegiatan Inti
(Orientasi masalah)

  • Guru bertanya, siapa saja peserta didik yang lahir di bulan Januari, Februari, Maret, dst...
  • Peserta didik menjawab pertanyaan guru secara bergantian

(Merumuskan masalah)

  • Dari tanya jawab yang dilakukan, maka akan diketahui bahwa siswa kelas V lahir di bulan yang berbeda-beda.
  • Bagaimana jika kita ingin mengetahui bulan lahir dari semua siswa di kelas ini (Pertanyaan stimulus)

(Mengajukan hipotesis)

  • Peserta didik akan menjawab cara mengetahui bulan lahir dari seluruh siswa di kelas dengan berbagai macam jawaban.
  • Sementara untuk mengetahui data bulan lahir dapat dilakukan dengan wawancara oleh siswa terhadap siswa lainnya

(Mengumpulkan informasi)

  • Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok awal, masing masing kelompok terdiri dari 5 peserta didik.
  • Masing-masing peserta didik pada kelompok akan mendapatkan amplop yang bertuliskan angka 1-5, yang di dalammya berisi 5 kartu.
  • Maka akan ada 5 anak yang memegang amplop dengan angka 1, 5 anak yang memegang amplop dengan angka 2, 5 anak yang memegang amplop dengan angka 3, 5 anak yang memegang amplop dengan angka 4, dan 5 anak yang memegang amplop dengan angka 5.
  • Setiap peserta didik dengan nomor yang sama dari kelompok awal, membentuk satu kelompok baru. Nomor urut 1 berkumpul di Kelompok 1, Nomor urut 2 berkumpul di Kelompok 2, Nomor urut 3 berkumpul di Kelompok 3, Nomor urut 4 berkumpul di Kelompok 4, Nomor urut 5 berkumpul di Kelompok 5
  • Setiap anggota kelompok baru mewawancarai teman dalam satu kelompok baru, untuk mengisi data kartu bulan lahir

(Menguji Hipotesis)
  • Setelah mendapatkan data dari 5 teman dalam kelompok baru, masing-masing kembali ke kelompok awal, dan mendiskusikan hasil kerja tim.
  • Peserta didik diberi pertanyaan “berapa siswa yang lahir pada bulan November? Januari? April...dst..
  • Peserta didik akan mencari jawaban dengan mencari-cari kartu yang bertuliskan angka bulan kelahiran yang ditanyakan.
  • Peserta didik akan kesulitan mencari jawaban dari kartu bulan kelahiran yang masih acak-acakan.
  • Dari pengalaman mencari kartu bulan kelahiran yang acak-acakan, peserta didik diberikan stimulus berupa pertanyaan “Mudah tidak jika kalian mencari bulan kelahiran yang masih acak-acakan?
  • Peserta didik memberikan jawaban bahwa sulit mencari kartu bulan lahir yang acak-acakan secara cepat.
  • Guru bertanya, “Bagaimana seharusnya, supaya kalian mudah dalam menemukan kartu bulan lahir yang diinginkan?”
  • Siswa akan memberikan jawaban yang beraneka ragam, diantaranya adalah dengan cara mengurutkan data.
  • Jika data di susun secara acak, agak sulit kita mendapat informasi dengan cepat, maka perlu bagi kita untuk mengatur data-data tersebut sehingga akan lebih mudah di baca.
  • Peserta didik mengurutkan/mengelompokkan kartu bulan kelahiran mulai dari bulan dengan angka terkecil ke terbesar pada selembar kertas plano
  • Peserta didik memindahkan data tersebut di pindahkan ke dalam tabel berikut.
  • Setiap kelompok menempelkan kertas plano yang telah ditempeli kartu yang berisi data bulan lahir dari semua siswa kelas V ke papan tulis.
  • Guru meminta siswa mengamati hasil kerja kelompok yang ditempel di papan tulis, dan meminta siswa menyampaikan pendapatnya.
  • Akan ada banyak pendapat yang disampaikan siswa, mulai dari kerapihan dan cara menyusun bulan lahir di kertas plano tersebut.
  • Guru memberikan reward kepada kelompok yang susunan kartu bulan kelahiran pada kertas plano rapi dan benar.
  • Dari kartu bulan kelahiran yang telah disusun urut di kertas plano dan tabel bulan kelahiran yang telah diisi, guru bertanya, “menurut kalian, disebut apakah susunan angka yang ada pada tabel tersebut?”
  • Siswa akan menjawab dengan berbagai macam pendapat.
  • Guru memberi penguatan bahwa yang telah dipelajari bersama adalah data dan cara pengumpulannya.
  • Data adalah: catatan atau keterangan atau informasi yang di dapat setelah melakukan penelitian atau percobaan
  • “Menurut kalian, termasuk data apakah yang tadi telah kita cari”
  • Siswa akan menjawab dengan berbagai macam pendapat, di antaranya adalah data diri.
  • Guru akan bertanya, data apa lagi yang merupakan data diri.
  • Siswa menjawab contoh data diri yaitu ukuran sepatu, berat badan, tinggi badan, dst..
  • Peserta didik diberi pertanyaan “selain dengan cara wawancara tadi, bagaimana cara lain yang bisa digunakan untuk mencari informasi data diri?”
Kegiatan Penutup
(Menyimpulkan)
  • Peserta didik membuat rangkuman tentang kegiatan hari ini (literasi)
  • Peserta didik merenungkan kegiatan hari ini (menalar/mengasoisasi)
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan gurunya tentang materi yang telah dipelajari (Communication and Collaboration)
  • Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pesan moral hari ini dengan bijak.
  • Peserta didik meminta petunjuk pengerjaan tugas mandiri
  • Menyanyikan lagu daerah
  • Peserta didik membaca doa penutup dan memberi salam kepada guru. (religius)

Yogyakarta, 22 November 2018
Wali kelas V



I Wayan Muliyana, S.Pd.SD

Demikian Contoh RPP Matematika Dengan Pembelajaran HOTS. Semoga bermanfaat.
Putra-Astawa
Putra-Astawa I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali