Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar
Bila dikaji dari sisi etimologis istilah “supervisi” atau dalam bahasa Inggris “supervision” sering
didefinisikan dengan pengawas dan kepalaaan. Sedangkan secara morfologis supervisi terdiri
dari dua kata yaitu “super” yang berarti atas atau lebih dan “visi” mempunyai lihat, pandang ,tilik
atau awasi. Dengan demikian supervisi dalam pengertian yang sederhana yaiu melihat, meninjau
atau melihat dari atas yang dilakukan oleh atasan (pengawas dan kepala,kepala sekolah)
terhadap perwujudan kegiatan pembelajaran.
Supervisi diartikan sebagai layanan yang bersifat membimbing, memfasilitasi, memotivasi serta
menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesinya secara efektif.
Supervisi pembelajaran adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan
kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh,
1989, Glickman, et al; 2007). Supervisi pembelajaran tidak terlepas dari penilaian kinerja guru
dalam mengelola pembelajaran. Esensi supervisi pembelajaran sama sekali bukan menilai unjuk
kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran,melainkan membantu guru mengembangkan
kemampuan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugasnya.
Berikut merupakan Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Download Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar
BUKU PANDUAN
|
|||
PANDUAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
|
|||
Jenis
Buku
|
Buku
Guru
|
Jenis File
| |
Tahun
|
2016
|
Penulis
|
Kemendikbud
|
Download
|
Google drive
|
Download
|
Google drive
|
Post a Comment for "Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar"