Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah
Perpustakaan sekolah merupakan bagian dari sarana dan
prasana yang wajib ada untuk menunjang pendidikan
sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20
tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan
Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan. Pada pasal 23 ayat (1)Undang-Undang Nomor 43 tahun
2007 tentang Perpustakaan menyatakan, setiap sekolah/madrasah
menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional
perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan.
Standar Nasional perpustakaan tersebut menjadi acuan dalam
pendirian, pengelolaan, dan pengembangan perpustakaan yang
berlaku sama secara nasional.
Perpustakaan sekolah harus dapat melayani peserta didik, tenaga
pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya (warga sekolah) agar
memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam
pengetahuan sesuai dengan kurikulum dan pembelajaran yang
dilaksanakan. Perpustakaan sekolah bukan hanya berfungsi sebagai
unit kerja yang menyediakan bahan bacaan untuk menambah
pengetahuan dan wawasan, akan tetapi merupakan sumber belajar
bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat
sekolah yang keberadaannya sebagai bagian integral yang tidak dapat
dipisahkan dengan keberadaan sekolah.
Akan tetapi, dalam praktiknya, keberadaan dan layanan
perpustakaan sekolah masih kurang diminati oleh peserta didik dan
warga sekolah lainnya. Diperlukan upaya yang berkelanjutan dari
semua pihak agar dapat meningkatkan minat peserta didik dan warga
sekolah untuk mengakses perpustakaan. Salah satu
upayameningkatkan minat dan memperluas akses layanan
perpustakaan adalah dengan mengembangkan sudut baca kelas dan
area baca sekolah agar dapat lebih mudah dan lebih dekat dengan
perserta didik dan warga sekolah lainnya.
Melihat hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dalam rangka melaksanakan tugasnya, perlu menyusun buku panduan pemanfaatan dan pengembangan sudut baca kelas dan area bacasekolah, untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Buku ini disajikan sebagai panduan bagi sekolah dan pemangku kepentingan dalam menyusun program/kegiatan pengembangan sudut baca kelas dan area baca di sekolah dasar. Panduan ini mengacu pada undang-undang, peraturan, ketentuan, standar nasional perpustakaan yang berlaku, dan praktik baik yang selama ini sudah dilakukan dalam pengembangan sudut baca kelas dan area baca di sekolah dasar.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, melalui Sub Direktorat Kurikulum, mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, di bidang kurikulum sekolah dasar.
Berikut merupakan Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah
Download Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah
Melihat hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dalam rangka melaksanakan tugasnya, perlu menyusun buku panduan pemanfaatan dan pengembangan sudut baca kelas dan area bacasekolah, untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Buku ini disajikan sebagai panduan bagi sekolah dan pemangku kepentingan dalam menyusun program/kegiatan pengembangan sudut baca kelas dan area baca di sekolah dasar. Panduan ini mengacu pada undang-undang, peraturan, ketentuan, standar nasional perpustakaan yang berlaku, dan praktik baik yang selama ini sudah dilakukan dalam pengembangan sudut baca kelas dan area baca di sekolah dasar.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, melalui Sub Direktorat Kurikulum, mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, di bidang kurikulum sekolah dasar.
Berikut merupakan Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah
Download Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah
BUKU PANDUAN
|
|||
PANDUAN PENGEMBANGAN POJOK BACA DI SEKOLAH
|
|||
Jenis
Buku
|
Panduan
|
Jenis File
|
PDF
|
Tahun
|
2016
|
Penulis
|
Kemendikbud
|
Download
|
Google drive
|
Mirror
|
Google drive
|
Post a Comment for "Panduan Pengembangan Pojok Baca di Sekolah"