Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan GLN 2017

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan GLN 2017

Dalam rangka mensukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di tahun 2017, Pusat Pembinaan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan sayembara penulisan bahan bacaan gerakan literasi nasional tahun 2017. Adapaun ketentuan umum, ketentuan khusus, batas pengerimiman naskah, pengumuman dan alamat pengiriman seperti di bawah ini. 

Ketentuan umum 
  1. Bahan bacaan yang dibuat ditujukan kepada pembaca berusia 07 sd 12 tahun yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok kelas 1, 2 dan 3 serta kelompok kelas 4, 5 dan 6. 
  2. Isi bacaan yang dibuat harus sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Indonesia yaitu mempertimbangkan keberagaman di Indonesia, ramah terhadap lingkungan, tidak mengandung unsur kekerasan, sara dan pornografi, dan tidak bias gender. 
  3. Isi bacaan memiliki kekuatan dan pesan tentang sikap hidup dalam keluarga dan lingkungan sekitar. 
  4. Bahasa bacaan harus memenuhi kaidah dan keterbacaan. 
  5. Ilustrasi gambar yang disertakan harus mendukung isi materi Naskah disertai surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000 yang menyatakan bahwa naskah sayembara merupakan karya asli penulis dan belum pernah atau tidak sedang diikutkan dalam lomba lainnya. 
Ketentuan khusus
  1. Bahan bacaan berupa buku yang berisi teks narasi, teks deskripsi, teks eksposisi, teks hortatory, dan/atau teks procedural dengan tema lanskap dan perubahan social masyarakat pedesaan dan perkotaan, kekayaan Bahasa daerah, pelajaran penting dari tokoh-tokoh Indonesia, kuliner Indonesia, dan arsitektur tradisiona Indonesia. 
  2. Satu buku dapat berisi lima jenis teks dengan satu tema atau jenis teks dengan beragam judul dalam satu tema yang telah ditentukan. 
  3. Jumlah halaman isi 48-50 halaman (tidak termasuk halaman prancis) Jenis huruf Andika New Basic dengan ukuran 12, spasi 1,5, ukuran kertas A5, pias kanan/kiri 1,5 cm/1 cm dan pias atas/bawah 2 cm/2cm.

Alamat panitia sayembara 

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur Narahubung: Kity Karenisa (085282397103) Ahmad Khoironi Arianto (085642075909) Pos elektronik Gerakanliterasinasional@gmail.com 

Batas penerimaan naskah 

31 Maret 2017 tenggat penerimaan naskah dalam bentuk buku sebanyak tiga rangkap 

Pengumuman 

Tanggal 14 April 2017 pengumuman 190 buku terpilih 

Hadiah
10 juta rupiah per buku (dipotong pajak)
Putra-Astawa
Putra-Astawa I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, SD Negeri 1 Semarapura Tengah Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali

Post a Comment for "Sayembara Penulisan Bahan Bacaan GLN 2017"