Kisi-Kisi UTN Ulang 2 dan 4 Guru TK Tahun 2018
Setelah sebelumnya saya share Kisi-Kisi UTN Ulang 2 dan 4 Guur SD Tahun 2018, kali ini saya akan share Kisi-Kisi UTN Ulang 2 dan 4 Guru TK Tahun 2018. Kisi-Kisi ini bisa dijadikan pedoman dalam mempersiapkan diri menghadapi UTN Ulang 2 dan 4 Tahun 2018.
Indikator Soal dalam Kisi-Kisi UTN Ulang 2 dan 4 Guru TK Tahun 2018 adalah sebagai berikut.
Indikator Soal dalam Kisi-Kisi UTN Ulang 2 dan 4 Guru TK Tahun 2018 adalah sebagai berikut.
- Dengan ilustrasi kasus, peserta dapat mendeteksi karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional,moral, dan latar belakang sosial-budaya
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menafsirkan contoh kesulitan peserta ddik usia TK/PAUD dalam berbagai aspek perkembangan.
- Melalui pemberian ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat memadukan penerapan teori belajar dan prinsip belajar melalui bermain dalam berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
- Dengan gambaran contoh pembelajaran, peserta dapat menggambarkan penerapan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak melalui metode bermain seraya belajar yang bersifat holistik dan bermakna dalam berbagai bidang pengembangan di TK/RA.
- Melalui ilustrasi praktik kurikulum TK/PAUD, peserta dapat menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum anak usia dini.
- Dengan menggunakan ilustrasi kasus, peserta dapat memadukan kegiatan bermain seraya belajar yang sesuai usia perkembangan anak untuk mencapai tujuan pengembangan.
- Memilih materi kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.
- Dengan menggunakan ilustrasi proses pembelajaran, peserta dapat menggambarkan contoh perencanaan kegiatan bermain yang mendidik dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
- Melalui pemberian contoh penilaian, peserta dapat memilih jenis instrumen dan teknik penilaian dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
- Dengan menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menelaah prinsip- prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
- Dengan menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menetapkan komponen-komponen perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
- Dengan ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta dapat memberi contoh kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menunjukkan contoh suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis.
- Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta dapat mengkategori pemanfaatan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
- Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta merencanakan penerapan tahapan bermain dalam pengembangan di TK/PAUD
- Melalui ilustrasi penyelenggaraan pengembangan di TK/PAUD, peserta dapat memberikan contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik.
- Dengan ilustrasi contoh, peserta dapat merumuskan kegiatan bermain sambil belajar untuk optimalisasi perkembangan anak dan kreativitasnya.
- Melalui ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat membedakan strategi komunikasi efektif empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan kepada anak didik.
- Melalui ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat menemukan contoh komunikasi efektif empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan kepada anak didik.
- Melalui ilustrasi kegiatan penilaian, peserta dapat menunjukkan prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
- Melalui contoh kegiatan penilaian di TK/PAUD peserta dapat memilih aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
- Dengan ilustrasi kasus, peserta dapat mengatur urutan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Peserta dapat memperbaharui proses penyusunan rancangan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Dengan ilustrasi kasus, peserta dapat mengoreksi hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk peningkatan kemampuan anak.
- Menilai contoh evaluasi proses dan hasil belajar.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat memperjelas penggunaan hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar anak.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat merumuskan hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat mengorganisasikan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Menggunakan hasil refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk perbaikan dan pengembangan TK/PAUD/RA.
- Dengan diberikan kasus, peserta dapat mengurutkan langkah penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TK/PAUD/RA.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar matematika dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Merumuskan kegiatan matematika permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar sains dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Memberikan contoh kegiatan sains permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar bahasa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Memilih kegiatan bahasa (membaca permulaan) dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menunjukkan konsep dasar studi sosial bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Memilih kegiatan studi sosial dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar agama dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Memilih kegiatan agama dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar seni dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Menilai kegiatan seni rupa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Menilai kegiatan seni musik & lagu dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar pendidikan jasmani dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Menentukan kegiatan pendidikan jasmani dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Menilai kegiatan kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Memilih kegiatan gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
- Menentukan penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik anak TK/PAUD.
- Menelaah penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek kognitif anak TK/PAUD.
- Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek sosial-emosional anak TK/PAUD.
- Menelaah penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek moral anak TK/PAUD.
- Menelaah penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek sosial budaya anak TK/PAUD.
- Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek bahasa anak TK/PAUD.
- Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak usia dini, peserta dapat memilih berbagai alat permainan edukatif anak.
- Peserta dapat menelaah berbagai alat permainan edukatif anak.
- Memilih kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam bidang pengembangan moral dan nilai agama.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan bahasa.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan sosial-emosi.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menelaah kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan kognitif.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan fisik-motorik.
- Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menunjukkan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan moral-agama.
- Menentukan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan kognitif.
- Memilih kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan sosial emosi.
- Melalui ilustrasi kasus, perseta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam setiap bidang pengembangan.
- Melalui contoh kasus, peserta dapat menunjukkan kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.
- Melalui contoh kasus, peserta dapat membedakan kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.
- Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan nilai agama dan moral di TK/PAUD.
- Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan tujuan kegiatan pengembangan bahasa di TK/PAUD.
- Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan kognitif di TK/PAUD.
- Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan tujuan kegiatan pengembangan sosial-emosi di TK/PAUD.
- Melalui contoh kasus, peserta dapat menetapkan tujuan kegiatan pengembangan fisik-motorik di TK/PAUD.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat memilih materi bidang pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat memilih materi bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menentukan materi bidang pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat membedakan materi bidang pengembangan nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menelaah materi bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Melalui pemberian ilustrasi kasus, peserta dapat mengorganisasikan materi bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia 4-5 tahun.
- Mengorganisasikan materi bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan terpadu yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia 5-6 tahun.
- Dengan ilustrasi kegiatan, peserta dapat menilai contoh kinerja sendiri secara terus menerus.
- Peserta dapat merumuskan pemanfaatan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
- Peserta dapat memilih upaya peningkatan keprofesionalan berdasarkan hasil refleksi.
- Peserta dapat memilih contoh masalah dalam penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
- Peserta dapat memilih contoh kerangka berpikir penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
- Peserta dapat menyusun contoh rancangan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
- Peserta dapat merumuskan hasil penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
- Mengidentifikasi berbagai sumber belajar untuk mengikuti kemajuan zaman.
- Dengan contoh nyata, peserta dapat memilih aktivitas guru yang mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
- Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat menunjukkan manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
- Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat memilih jenis-jenis teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi secara efektif.
- Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat menunjukan manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri
- Melalui contoh TIK PAUD,peserta dapat menetapkan upaya pengembangan diri dengan menggunakan teknologi informasi
KISI-KISI
|
|||
KISI-KISI UTN ULANG 2 DAN 4 GURU TK TAHUN 2018
|
|||
Jenis
|
Kisi-Kisi
|
Jenis
File
|
Excell
|
Tahun
|
2018
|
Penulis
|
-
|
Download
|
Post a Comment for "Kisi-Kisi UTN Ulang 2 dan 4 Guru TK Tahun 2018"