Kisi-Kisi UTN 2 dan 4 Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018
Berikut merupakan Indikator UTN Mapel Bahasa Indonesia. Indikator ini bisa dimamfaatkan untuk mempersiapkan diri dalam mengahdapi UTN 2 dan 4 Tahun 2018. Bagi guru Bahasa Indonesia, silakan pelajari Kisi-Kisi UTN 2 dan 4 Mapel Bahasa Indonesia berikut.
- Menemukenali skema kognitif awal peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik berdasarkan gaya belajar
- Menganalisis berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
- Merumuskan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi pengalaman belajar peserta didik dengan materi yang yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Mengorganisasi materi pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik
- Merumuskan indikator dan instrumen penilaian
- Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran bahasa Indonesia yang mendidik
- Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
- Menyusun rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas
- Menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam kelas dan di luar kelas
- Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
- Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal
- Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Menganalisis aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia
- Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia
- Membuat laporan/rapor hasil penilaian proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen
- Mengevaluasi proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia
- Menerapkan data hasil belajar peserta didik untuk menentukan KKM Bahasa Indonesia
- Memanfaatkan data hasil belajar peserta didik untuk merancang program remedial dan pengayaan
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia yang telah dilaksanakan
- Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Menerapkan PTK untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi teori linguistik strutural yang terkait dengan pengembangan materi kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat.
- Mengidentifikasi teori linguistik deskriptif yang terkait dengan pengembangan materi kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat.
- Mengidentifikasi materi pembelajaran kelas kata bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat.
- Mengidentifikasi konsep hakikat bahasa.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa morfologi.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
- Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
- Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
- Mengidentifikasi kedudukan bahasa Indonesia dengan tepat.
- Mengidentifikasi fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu.
- Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (beku/ frozen style)
- Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (formal)
- Mengidentifikasi jenis ragam tingkat keformalan (informal)
- Mengidentifikasi nentukan jenis ragam tingkat keformalan (akrab)
- Mengaplikasikan kaidah ejaan dan tanda baca sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis)
- Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
- Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
- Mengaplikasikan kaidah semantik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
- Mengaplikasikan kaidah pragmatik sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (menulis).
- Mengaplikasikan kaidah sintaksis sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (berbicara).
- Mengidentifikasi teori struktural berdasarkan cuplikan naskah cerpen yang disajikan.
- Mengidentifikasi pantun yang tepat berdasarkan ciri-cirinya
- Mengidentifikasi syair yang tepat berdasarkan ciri-cirinya
- Mengidentifikasi gurindam yang tepat berdasarkan ciri-cirinya
- Mengidentifikasi genre (prosa) yang tepat.
- Mengidentifikasi genre (puisi) yang tepat.
- Mengidentifikasi genre (drama) yang tepat.
- Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun)
- Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: gurindam)
- Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi baru:Soneta)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (Prosa lirik: Kaba Minangkabau).
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: dongeng)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: novel)
- Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa baru: cerpen)
- Mengapresiasi teks drama Indonesia
- Mengelola situasi dan kondisi yang berkembang di dalam kelas
- Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa fonologi.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa sintaksis.
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa semantik
- Mengidentifikasi konsep pemerolehan bahasa pragmatik.
- Membedakan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
- Menentukan tahapan pemerolehan bahasa anak
- Mengaplikasikan kaidah morfologi sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (membaca).
KISI-KISI
|
|||
KISI-KISI UTN 2 DAN 4 MAPEL BAHASA INDONESIA TAHUN 2018
|
|||
Jenis
|
Kisi-Kisi
|
Jenis
File
|
Excell
|
Tahun
|
2018
|
Penulis
|
-
|
Download
|
Post a Comment for "Kisi-Kisi UTN 2 dan 4 Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2018"