RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018
RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018 - Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran adalah kemampuan guru
dalam menyusun perencanaan yang tertuang dalam RPP. Dikembangkan secara
rinci mengacu pada silabus, buku guru, buku s i swa, buku teks pelajaran
dan referensi lain yang mendukung. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh
guru secara mandiri dan/atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang
dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala
sekolah/madrasah.
Dalam menyusun RPP, diperlukan kemampuan guru dalam memfasilitasi
pengalaman belajar yang berkesan yang mampu menguatkan karakter siswa.
Penguatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran diharapkan tidak sebatas
tertulis secara administratif, namun nantinya dapat diterapkan dengan alamiah
dalam pembelajaran.
Nilai-nilai yang dapat dikuatkan adalah 5 (lima) nilai utama karakter yang
terdiri dari Nilai Religiusitas, diantaranya: beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah
beraktivitas, dsb. Nilai Nasionalisme, diantaranya: cinta tanah air, semangat
kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu
daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban, taat hukum, dsb.
Nilai Kemandirian, diantaranya: disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh,
bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, pembelajar sepanjang hayat, dsb. Nilai
Gotong Royong, diantaranya: suka menolong, bekerjasama, peduli sesama,
toleransi, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan, aktif dalam
kegiatan kemasyarakatan, dsb. Nilai Integritas, diantaranya: jujur, rendah hati,
santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran,
menepati janji, anti korupsi, dsb.
Untuk mencapai hasil yang optimal, guru dapat memfokuskan pada nilai-nilai
yang relevan sesuai dengan ruang lingkup kompetensi dasar dan dinamika pembelajaran. Secara eksplisit, rencana penguatan karakter siswa dapat
dituliskan dalam rumusan tujuan pembelajaran. Perlu dicatat bahwa ada
kalanya tidak semua tujuan pembelajaran dapat diberikan muatan nilai
karakter. Prinsipnya, penulisan nilai karakter dalam tujuan pembelajaran
tersebut tidak terkesan dipaksakan. Selanjutnya, tujuan pembelajaran
dijabarkan lebih lanjut dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
Secara simultan, penguatan karakter siswa diharapkan dapat dicapai juga melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Diantara penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah adalah kegiatan literasi, sedangkan diantara penguatan pendidikan karakter berbasis kelas adalah pembelajaran tematik yang menggunakan kompetensi abad 21, terutama 4C yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) -serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS).
Sebagai catatan, model RPP yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 adalah RPP yang mengintegrasikan penguatan karakter siswa, literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS. Dengan demikian tidak ada RPP yang hanya memfokuskan pada penguatan karakter, atau hanya memfokuskan pada pengembangan literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS saja. Jika ada perencanaan pembelajaran yang difokuskan pada salah satu komponen, sesungguhnya perencanaan tersebut berupa skenario yang dibuat selama dalam pelatihan semata. Hal ini dibutuhkan sebatas pada ranah pemahaman dengan harapan pada saat menyusun RPP Kurikulum 2013 tidak mengalami salah konsepsi.
Di tahun 2018, buku guru dan buku kelas 3 mengalami revisi. Berikut saya bagikan RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018.
Secara simultan, penguatan karakter siswa diharapkan dapat dicapai juga melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Diantara penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah adalah kegiatan literasi, sedangkan diantara penguatan pendidikan karakter berbasis kelas adalah pembelajaran tematik yang menggunakan kompetensi abad 21, terutama 4C yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) -serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS).
Sebagai catatan, model RPP yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 adalah RPP yang mengintegrasikan penguatan karakter siswa, literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS. Dengan demikian tidak ada RPP yang hanya memfokuskan pada penguatan karakter, atau hanya memfokuskan pada pengembangan literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS saja. Jika ada perencanaan pembelajaran yang difokuskan pada salah satu komponen, sesungguhnya perencanaan tersebut berupa skenario yang dibuat selama dalam pelatihan semata. Hal ini dibutuhkan sebatas pada ranah pemahaman dengan harapan pada saat menyusun RPP Kurikulum 2013 tidak mengalami salah konsepsi.
Di tahun 2018, buku guru dan buku kelas 3 mengalami revisi. Berikut saya bagikan RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018.
RPP
|
|||
TEMA 1 : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP
|
|||
Jenis
|
RPP
|
Jenis
File
|
Word
|
Tahun
|
2018
|
Penulis
|
-
|
Download
|
|||
TEMA 2 : MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN
|
|||
Jenis
|
RPP
|
Jenis
File
|
Word
|
Tahun
|
2018
|
Penulis
|
-
|
Download
|
|||
TEMA 3 : BENDA DI SEKITARKU
|
|||
Jenis
|
RPP
|
Jenis
File
|
Word
|
Tahun
|
2018
|
Penulis
|
-
|
Download
|
|||
TEMA 4 : KEWAJIBAN DAN HAKKU
|
|||
Jenis
|
RPP
|
Jenis
File
|
Word
|
Tahun
|
2018
|
Penulis
|
-
|
Download
|
Post a Comment for "RPP K13 Kelas 3 Revisi 2018"